Beranda > Hardware > Perbandingan antara Wii, PS3 dan Xbox 360

Perbandingan antara Wii, PS3 dan Xbox 360


colorware-consoles-topSalah seorang editor TGDaily menulis sebuah artikel yang memberikan perbandingan antara Nintendo Wii, Playstation 3 dan Xbox 360. Ketiga console ini ditargetkan untuk ketiga jenis pemakai yang berbeda dan artikel ini ditulis untuk membantu anda memilih mana yang paling cocok untuk selera anda.

Xbox 360
Dari segi desain, kapabilitas dan fitur Xbox 360 tidak memiliki tandingan saat diluncurkan tahun 2005 sebagai console generasi baru yang pertama. Sejak peluncurannya, Xbox telah mengoleksi lebih dari 100 judul permainan dan aksesor-aksesori tambahan dalam jumlah yang tidak sedikit.

Walaupun Microsoft memiliki masalah produksi dan mengalami keterlambatan, Microsoft masih memiliki keuntungan karena diluncurkan jauh lebih awal dari kedua saingannya. Hal ini memberikan kesempatan besar kepada Microsoft untuk mengakhiri tahun 2006 dengan jumlah pemakai dan jumlah game yang paling besar.Xbox 360

Core, fitur Xbox yang unik pada saat peluncurannya memberikan fasilitas online service kepada console ini dapat mencarikan pemain-pemain lain dalam game yang sama di internet dan memberikan penglaman yang baru bagi para console gamer. Dalam beberapa hari mendatang, Core juga akan menyediakan berbagai media HD yang dapat di download lewat Core.

Akan tetapi, Xbox juga melakukan sebuah kesalahan dalam menitik beratkan pada faktor suara yang terbukti tidak populer. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pemain pria yang memainkan seorang karakter perempuan, dalam skenario ini, faktor suara merusak efek yang ingin dicapai.

Dari segi hardware, Xbox 360 memiliki desain modular yang memungkinkan pemakainya untuk mengganti beberapa komponen dari console tersebut sesuka hati. Faktor ini menguntungkan Microsoft yang di kemudian hari memberikan opsi drive HD-DVD. Aksesori tambahan ini mengubah Xbox menjadi sebuah solusi HD hanya dengan harga $200, kurang dari setengah harga dari player HD-DVD yang setingkat.

Playstation 3
Software yang menjalankan console ini terlihat sebagai kasar dibandingkan dengan Xbox 360 yang kini telah memiliki beberapa update. Dari segi desain luar, PS3 masih merupakan yang terbaik dengan warna hitam maupun perak dengan jalur-jalur yang terlihat modern. Desain kontroller PS3 yang baru mendapatkan review yang buruk akan tetapi Sony memberikan opsi untuk menggunakan kontroller PS2 nirkabel yang sudah muPlaystation 3lai menua dan tidak senyaman kontroller untuk Xbox.

Kontroller Sony yang sensitif terhadap gerakan terlihat didesain untuk mengimitasikan Nintendo akan tetapi fitur-fitur yang ditawarkan Sony masih primitif apabila dibandingkan dengan kontroller Wii.

Sony yang dipaketkan dengan Blu-ray mengalami beberapa masalah produksi yang akhirnya menghambat proses produksi Sony. Pada akhirnya, Sony harus mengundurkan peluncurannya di Eropa dan tidak memiliki jumlah yang cukup untuk dijual pada hari pertama peluncurannya, kesalahan sama yang dilakukan Xbox 360. Drive Blu-ray yang dipaketkan dengan PS3 juga mendorong harga PS3 $200 lebih tinggi dibandingkan Xbox 360 dan 2 kali lipat dari Nintendo Wii.

Walaupun Sony sudah memiliki pelayanan online di mana anda dapat men-download beberapa jenis media, pada saat ini mereka masih belum menyediakan film ataupun acara-acara TV.

PS3 memiliki dukungan HDMI yang tidak dapat ditandingi oleh Nintento ataupun Microsoft dan memiliki sebuah power supply internal yang membuatnya lebih mudah untuk dipasang tetapi juga beroperasi dengan lebih panas. Sony juga tidak dapat di-integrasikan kepada sebuah PC Vaio dan anehnya, Xbox 360 dapat melakukan hal ini.

Nintendo Wii
Wii merupakan sebuah console gaming murni yang tidak memiliki fokus multimedia seperti kedua console lainnya. Nintendo berfokus pada permainan dan menciptakan sebuah game pad yang sensitif terhadap gerakan. Walaupun fitur ini pada awalnya dikhawatirkan tidak sukses, saat ini mereka mendapatkan sambutan yang sangat baik. Dihargai secara agresif pada $250, Nintendo berhasil menghindari kesalahan Sony dan Microsoft yang tidak memiliki jumlah yang cukup pada saat peluncurannya. Nintendo telah menjual jutaan unit Wii dan mereka masih memiliki permintaan yang berlebih.Nintendo Wii

Desain Wii sangatlah sederhana dan bersih, karena tidak ditargetkan untuk menjadi sebuah DVD ataupun HD player. Tapi sekarang, Nintendo telah menyediakan sebuah opsi software tambahan yang dapat memutar DVD. Wii merupakan sistem yang hanya dipakai untuk permainan dan hal ini disambut baik oleh pasar.

Wii terlihat meniru keberhasilan strategi Palm Pilot dan iPod di mana mereka memilih untuk memfokuskan diri dan menghargai produknya dengan harga yang tidak terlalu mahal. Kekurangan dari produk ini adalah mereka lebih banyak ditargetkan untuk pemakai-pemakai yang lebih muda hingga membatasi ukuran pangsa pasar yang dimilikinya.

Klik di sini untuk sumber artikel.

About these ads
Kategori:Hardware
  1. 6 Agustus 2009 pukul 1:23 am | #1

    nice info..thx bgt..berguna buat mikir2 mau beli yg mana..

  2. 6 Agustus 2009 pukul 4:24 am | #2

    kyak’y yg wii lbih keren deh, disamping harga’y yg lbih murah D bnding konsole lainnya dan games’y jg lmyan tersedia byk

  3. aris
    6 Agustus 2009 pukul 8:04 am | #3

    kayaknya beritanya sdh basi dech…masa XBOX 360 baru di luncurkan tahun lalu sich….

  4. 6 Agustus 2009 pukul 8:16 am | #4

    g punya semuanya :(

    • yoel45
      30 September 2009 pukul 5:25 pm | #5

      dear wahyu,
      klo menurut elo lbh bags yang mana?

  5. 6 Agustus 2009 pukul 2:10 pm | #6

    Sangat merugilah anda jika belum berkunjung ke Blog aku

  6. 7 Agustus 2009 pukul 7:55 pm | #7

    dulu aku berharap banyak dengan ps3, tp secara DVD gamenya ndak ada dan ndak bisa bajakan dan kita adalah mahluk Indonesia, me kecewa berat … jadi dengan sangat gembira menuju kaln XBOX360, btw … Wii asyik juga tuh sepertinya waktu maen game golf dirumah teman … ngga bisa dilapangan kan bisa diconsole :)

    • 7 Agustus 2009 pukul 11:37 pm | #8

      Iy PS3 bLm bisa yang bajakan.. Dan kasetnya mahaL.. Tp gtw dh untuk yg akan datang,mungkin PS3 bs pke bajakan..
      XBOX n Wii saya dh nyoba.. gambarnya bagus.. apLgi kLo di layar LCD

  7. 13 Agustus 2009 pukul 10:46 pm | #9

    kok gak bahas PSP
    padahal aku lebih suka PSP ketimbang semuanya.
    portable, easy game to get, cheaper

    ps3 udah bisa dibajak kok, cuman masih jarang.

  8. 21 September 2009 pukul 4:16 pm | #11

    gw lebih suka Nintendo DS

  9. Mr_che
    25 September 2009 pukul 1:23 pm | #12

    thanks bgt nih informasinya… coz gw sampe skararang masih bingung pilih yg mana.. ky nya wii games nya lebih seru dah dan ga ngebosenin…dan harga nya lebih murah.. gw langsung meluncur ke mangga dua

  10. nonk
    17 Oktober 2009 pukul 10:09 pm | #13

    Thanks bro atas infonya. Tekad gw semakin bulat utk beli nintendo wii,
    apalg skrg hrgnya dah turun. But ada comment gak ttg PS3 slim?

  11. es-ka
    19 April 2010 pukul 12:40 pm | #14

    tanya lagi donk, masih gantung nih..
    masih blm bisa ngeliat antara xbox N wii, mana yang bagus ya??
    dari harga, grafik, game. gimana tuh?

    kan klo ps3 kita tau semua, ps3 masih blm bisa di bajak games nya.

  12. Linggar
    7 September 2010 pukul 12:28 pm | #15

    Xbox 360 is the best and the cheaper console.with a great graphic and this console have the popular franchise,halo 3 and gears of war 2.
    PS3 mah kalah grafis coaba aja bandingin

  13. 17 September 2010 pukul 10:53 pm | #16

    Info yang sangat bermanfaat untuk memilih dari ketiga produk console game

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: